Site Loader

Meminum air hangat memang bermanfaat bagi tubuh, karena sejatinya hal itu juga dianjurkan oleh para tabib zaman dahulu. Mengikuti tren pengobatan Cina dan India yang mana mereka menganjurkan seluruh pasien untuk meminum segelas air putih hangat setiap kali bangun tidur. Salah satu manfaat minum air hangat yang paling terkenal adalah mampu melancarkan pencernaan. Mengonsumsi air hangat setelah makan dipercaya bisa menghidrasi dan mengeleminasi kotoran yang ada seiring dengan mengalirnya air hangat ke dalam perut dan usus.

Meski dinilai banyak manfaatnya, ternyata meminum air putih hangat dalam jumlah banyak sekaligus justru memicu berbagai efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Berikut ini berbagai risiko yang akan Anda dapatkan bila mengonsumsi air hangat secara berlebih:

Membakar Lidah

Salah satu alasan mengapa tidak boleh mengonsumsi air yang terlalu panas karena akan membakar lidah. Semakin panas air yang dikonsumsi, maka akan semakin terasa sensasi terbakar pada lidah Anda. Tak hanya itu saja, lidah Anda juga akan mengalami mati rasa. Hal itu terjadi karena kemampuan indera pengecap mengalami penurunan. Dapat dipastikan dalam jangka waktu tertentu, Anda tidak bisa merasakan cita rasa makanan lainnya bila mengalami lidah terbakar. Sebaiknya bila ingin mengonsumsi air hangat yaitu dengan membiarkan terlebih dahulu air tersebut dari kondisi sangat hangat menjadi sedikit dingin.

Merusak Ginjal

Tahukah Anda bila mengonsumsi banyak air apalagi dalam kondisi hangat bisa merusak ginjal? Bahkan lebih parahnya lagi terlalu banyak mengonsumsi air hangat juga bisa mengakibatkan pembengkakan otak. Akibat beban yang ditanggung terlalu banyak oleh ginjal. Sehingga sistem kerja ginjal menjadi tidak baik. Menurut beberapa ahli, terlalu banyak mengonsumsi air sekaligus membuat darah menjadi lebih encer hingga ginjal tidak dapat menyaringnya. Kotoran akan menumpuk didalam darah dan tidak menjadi urin akibat dari ginjal yang berfungsi kurang baik. Karena itulah ada baiknya untuk mengonsumsi air hangat sesuai aturan yaitu 8 gelas perhari dan suhu air tidak boleh lebih dari 50 derajat Celcius.

Baca Juga: Cara Mengatur Konsumsi Air Putih Bagi Penderita Ginjal Kronis

Mengganggu Konsentrasi

Mengonsumsi terlalu banyak air hangat diduga dapat mengganggu konsentrasi khususnya bagi Anda yang sedang bekerja. Karena air hangat sendiri disinyalir bisa menguras energi sehingga membuat Anda kelelahan. Jadi bila Anda sedang dalam kondisi bekerja ada baiknya untuk tidak mengonsumsi air hangat dalam jumlah banyak. Karena bila benar energi terkuras setelah mengonsumsi air hangat, otomatis konsentrasi Anda juga akan terganggu.

Mengganggu Pola Tidur

Dilansir dari cnnindonesia.com, mengonsumsi banyak air hangat terutama saat ingin tidur malam akan meningkatkan risiko nokturia. Nokturia merupakan kondisi dimana Anda ingin terus-menerus buang air. Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi air sebelum tidur akan mempercepat sistem kerja ginjalnya dan meningkatkan produksi urin. Sehingga tak heran bila Anda akan sering terbangun tengah malam. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Selain itu, suasana hati keesokan harinya bisa saja berubah karena efek nokturia. Ada baiknya bila ingin mengonsumsi air dalam jangka waktu satu hingga dua jam sebelum tidur malam untuk mengurangi terjadinya nokturia.

Membuat Pembuluh Darah Pecah

Risiko yang juga fatal bila Anda terlalu banyak mengonsumsi air hangat ialah pecahnya pembulu darah. Hal ini dipicu karena suhu panas dari air yang berlebih menggangu sistem peredaran darah didalam tubuh. Ditambah lagi bila Anda meminumnya tidak sesuai aturan yaitu lebih dari 8 gelas perhari. Jadi ada baiknya Anda tetap menjaga pola hidup Anda dengan menyesuaikan aturan mengonsumsi air yang baik. Untuk itu sayangi tubuh Anda sebelum terlambat.

Nah itu tadi beberapa risiko yang akan terjadi bila Anda terlalu banyak mengonsumsi air putih hangat sekaligus. Sebenarnya tidak ada salahnya bila Anda mengonsumsi air hangat, karena ada begitu banyak manfaat minum air hangat. Akan tetapi ada beberapa hal dan tata cara yang juga harus Anda perhatikan ya. Untuk mengetahui informasi seputar manfaat minum air hangat juga bisa Anda baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/rutin-minum-air-hangat-manjur-buat-diet-sampai-mengusir-stres/.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *